Stage Review

Kemeriahan Gelaran Soundsations: 100 Kota 1 Bahasa

Gelaran Soundsation: 100 Kota 1 Bahasa  mengakhiri rangkaian acaranya di kota Bandung pada Sabtu (24/3). Bertempat di Prabuwangi Park, Arcamanik, penampil kali ini menghadirkan Mitosmistis, OM PMR, Hi!, The Schuberts, The Upstairs, Jason Ranti, HMGNC, Bottlesmoker, Float, dan Diskoria.

Mitosmistis, band baru yang digawangi oleh Yas Budaya (Alone At Last) ini menjadi pembuka acara. Penonton kemudian disuguhi oleh musik dari OM PMR, Hi!, serta The Schubert. Tiba giliran The Upstairs, band yang sekarang digawangi oleh Jimi (Vokal), Kubil (Gitar), Fisma (Bass) dan Rian (Drum)  memulai penampilan dengan nomor Antah Berantah dengan intro yang agak berbeda dari versi aslinya. Stage act dari sang vokalis, Jimi, selalu jadi daya tarik yang tak bisa disangkal. Sebelum memainkan set Disko Darurat, Jimi berbagi cerita mengenai asal terciptanya lagu tersebut, lagu tersebut pun dimainkan diiringi koor penonton. Nomor-nomor seperti “Modern Bob“,“Alexander Graham Bell“,“Terekam Tak Pernah Mati“, hingga “Matraman“ pun tak luput dibawakan oleh band new wave asal Ibukota ini.

Setelah break magrib, Jason Ranti atau yang akrab disapa Jeje memainkan nomor-nomor andalannya di mini stage tanpa barikade yang terletak tidak jauh dari panggung utama. Jeje dan penonton sama-sama duduk tanpa sekat. Bermodalkan gitar dan harmonika, Jeje memainkan lagu-lagu dari album perdana miliknya yang berjudul Akibat Pergaulan Blues yang dirilis oleh Demajors tahun 2017. “Stephanie Anak Seni“,“Nadanya Begini Lagunya Begitu“,“Nakal Boleh Jahat Jangan“, dan “Doa Sejuta Umat“, menjadi nomor lagu yang dibawakannya.

Di panggung Soundsations lalu, HMGNC dan Bottlesmoker tampil berduet membawakan karya mereka. Dua grup yang sama-sama mengusung pop elektronik/snyth pop ini tampil memukau didukung oleh visual yang ciamik. Duet HMGNC dan Bottlesmoker sendiri membawakan lagu dari album teranyar HMGNC seperti “Today and Forever” dan “Memories That Last a Dream”.  “Destiny”, lagu milik HMGNC yang pernah diremix oleh Bottlesmoker pun dibawakan untuk pertama kalinya pada malam itu. Mereka juga mengcover lagu lawas milik New Order yang berjudul “Bizzare Love Triangle”.

Selepas duet HMGNC dan Bottlesmoker, penonton juga disuguhi oleh nomor-nomor folk melankolis dari Float. Nomor-nomor andalan seperti ”Tiap Senja”, ”Pulang”, hingga ”Sementara” selalu menciptakan koor massal dari pit penonton. Sebelum mengakhiri acara, duo elektronik asal Jakarta yang beranggotakan Merdi dan Fadli pun tampil sebagai penutup. Mereka tak segan untuk mengajak penonton berdendang sembari bernyanyi bersama.  Lagu-lagu lawas tahun 2000an yang memanjakan telinga disuguhkan oleh Diskoria hingga penonton tak ragu untuk bersenang-senang sambil menyanyikan lagu-lagu dari Reza Artamevia, Krisdayanti, Warna, Shanty, The Groove, hingga Chrisye. Malam itu pun berlalu, namun kita tetap akan bertemu kembali, bukan? Sampai jumpa di gelaran Soundsations selanjutnya!

 

Ditulis oleh Armand Muttaqin

Foto oleh

Tags
Show More

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: