Music ReviewStage Review

Funkified : 70s’OC Album Showcase

 

70sOC Electric Love: Funkified merupakan sebuah perayaan setahun dirilisnya album Electric Love dari 70sOC. Sebelum bertransformasi menjadi 70sOC, band funk ini dikenal dengan nama 70s Orgasm Club dan telah merilis mini album bertajuk Supersonicloveisticated (2011). 70sOC kini beranggotakan Anto Arief (vokal), Fabian Gifariansyah (bass), dan Ganitra Sena (drum). Spasial menjadi tempat diadakannya acara ini. Tempat yang minim namun bisa menjadi cukup intim.

(19/1) Rangkaian acara sendiri diawali dengan hearing session materi lagu yang ada di album Electric Love. Satu per satu materi album pun diperdengarkan, Idhar Resmadi bertindak sebagai moderator, ditemani pula oleh Reynaldo Marshall (Kelompok Penerbang Roket) dan Tanto Putrandito (The Groove) sebagai kontributor.

“Keberadaan band funk dengan karya seperti 70sOC ini sudah jarang sekali,” ujar Rey Marshall dalam sesi diskusi. Namun ia juga menyampaikan kritiknya akan lagu-lagu milik 70s0C yang dinilai terlalu barat.  Di sisi lain, Tanto menuturkan bahwa album Electric Love sudah mumpuni sebagai album funk, terlihat dari pemiilihan reff dan pola aransemen musik. Sebagai motor dari 70sOc, Anto Arief menuturkan kalau musik funk dengan lirik bahasa Indonesia itu cukup susah. “Lain halnya dengan musik funk di luar negeri, seperti di negara dengan mayoritas kulit gelap yang bisa terasa pas ketika membicarakan cinta. Kalau menggunakan lirik bahasa Indonesia malah terkesan picisan ” jelas Anto Arief. Dalam penggarapan album Electric Love, 70sOC dibantu oleh Tesla Manaf yang bertindak sebagai produser.

Showcase sendiri diakhiri oleh penampilan 70sOC yang memainkan semua lagu di album Electric Love, ditambah cover Santai milik raja dangdut, Rhoma Irama. 70sOC bisa dibilang sebagai satu-satunya band funk yang masih ada saat ini. Sulit rasanya untuk menyebutkan band funk lain selain mereka.

Tags
Show More

Insan Kamil

Music Photographer est 2016 - life in passion.

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: