Music ReviewStage Review

Edukasi Musik Streaming, JOOX Hadirkan Workshop

Sukses dengan gelaran Joox Indie Workshop di Surabaya dan Yogyakarta, JOOX Indie Workshop hadir di Bandung pada Rabu (11/4). Digelar di Cups Coffee & Kitchen, sejumlah musisi dan pelaku musik di Bandung turut meramaikan acara ini. Sebagai penyedia musik streaming di Indonesia, lewat Joox Indie Workshop, pihak JOOX  ingin berbagi informasi dan edukasi mengenai distribusi musik secara digital melalui platform JOOX.

Untuk gelarannya di kota Bandung, pihak JOOX menggandeng Rekti Yoewono, vokalis The S.I.G.I.T. grup independen asal Kota Kembang yang sudah sukses di pentas nasional. “Kami ingin membantu para musisi lokal di Indonesia memperluas jaringan distribusi mereka dan terhubung dengan penggemar mereka secara ekstensif melalui platform digital yang legal dan mendapatkan manfaat signifikan untuk mengembangkan musik mereka, ” papar Girindra Prabowo Okky, GM Content Department dari Tencent Indonesia. 

Turut hadir pula Wendy Putranto, selaku manajer band Seringai. “Ketika membentuk sebuah band hal yang paling mudah adalah bagaimana menyebarkan musik seluas-luasnya. Di era serba digital sekarang, cara cara konvensional sudah tidak lagi dibutuhkan, berbeda dengan era dulu,” tutur Wendy Putranto. Dengan kata lain, band-band yang muncul di era serba digital ini sudah tidak akan kesulitan lagi bagaimana menyebarkan karya mereka ke masyarakat luas, potensi media sosial pun memiliki peranan penting.

 “Yang paling menarik adalah pola konsumsi musik di Bandung dan beberapa kota lainnya tidak jauh dari mendengarkan kaset dan CD. Dan yang sedang menjadi tren kembali adalah mendengarkan musik lewat vinyl,” ujar Wendy Putranto. Menurut Wendy Putranto, di era digital ini muncul sebuah kenikmatan dan kemudahan untuk mendengarkan musik, “beberapa tahun yang lalu ketika ada musik streaming masuk kita kebingungan, kalau sekarang, sih, malah makin memudahkan kita. Walaupun sudah ada  iTunes, tapi tidak semua orang membeli musik lewat iTunes.” 

Seiring berkembangnya zaman, era digital tentu memberikan kesempatan baru bagi para musisi, khususnya musisi indie untuk menjangkau penggemarnya secara  lebih luas lagi. Sementara itu, Rekti Yoewono menjelaskan bahwa acara JOOX Indie Workshop akan sangat bermanfaat untuk para musisi independen karena industri musik sekarang ini sebagian besar sudah beralih ke ranah digital. 

Melalui JOOX Indie Workshop Roadshow, musisi independen di empat kota pastinya bisa melengkapi bakat dan kreativitas mereka dengan pengetahuan baru akan pemasaran digital melalui platform musik streaming  JOOX dan memperluas jaringan distribusi bagi karya-karya mereka.

Setelah hadir di Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung, JOOX Indie Workshop akan digelar di Jakarta pada 25 April 2018 mendatang. Pastikan kamu tidak melewatkannya! 

 

 

 

Tags
Show More

Mentari Nurmalia

A writer who loves Hetfield. Sometimes in backstage, sometimes in frontrow

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: