Rock Updates

Bohemians Resmi Meluncurkan Single Anyar, Bertajuk “Dead Mind Dead Soul”

Jeda sembilan tahun tanpa karya sejak perilisan album perdana; Invasion, Bohemians akhirnya kembali dengan rilisan terbaru. Grup musik yang diperkuat oleh Anwar Sadat (gitar), Bayu Prasetyo (bas), Kamran CR (vokal), Luky Kusumah (gitar) dan Refa Ariavianda (drum) tersebut resmi merilis single berjudul “Dead Mind Dead Soul”. Lagu ini disebar melalui format video lirik di kanal YouTube resmi Bohemians, mulai Kamis, 28 Februari 2019.

“Dead Mind Dead Soul” sendiri merupakan materi pemantik menuju album penuh ke dua dari band asal Bandung tersebut dengan judul Euphemism. Album yang menurut rencana akan beredar secara mandiri dalam berbagai format, terhitung April 2019. Dengan kata lain, “Dead Mind Dead Soul” bisa dibilang sebagai jembatan bagi ragam unsur musikal baru dari band yang terbentuk sejak 2009 ini.

“Dead Mind Dead Soul” pada dasarnya bercerita tentang sebuah kompleksitas biopsikososial (bunuh diri. red). Bunuh diri sebagaimana diketahui telah menjadi masalah besar bagi masyarakat, dan terus meningkat jumlahnya, baik itu di negara maju maupun di negara, misalnya berpenghasilan rendah dan sedang. Hal ini lah yang mendorong  tercetusnya lagu “Dead Mind Dead Soul”, namun tentu dengan pesan yang mengarah kepada pelarangan dan himbauan.

“Sulit untuk menjelaskan mengenai penyebab mengapa orang memutuskan untuk melakukan bunuh diri, sedangkan yang lain, dalam kondisi yang sama, bahkan lebih buruk tetapi tidak melakukannya. Bunuh diri merupakan masalah yang kompleks karena tidak diakibatkan oleh penyebab atau alasan tunggal, karena merupakan interaksi yang kompleks dari faktor biologik, genetik, psikologik, sosial, budaya dan lingkungan,” ucap penulis lirik, Luky Kusumah.

Sedangkan dari sisi musikal, lagu berdurasi kurang dari empat menit ini ingin merepresentasikan tentang sisi lain dari ruang-ruang interaksi kompleks yang dimaksud. Aransemen musik yang dibuat bersama-sama oleh para personel Bohemians ini dieksekusi dengan gaya menyalak; riff gitar kokoh dengan pemilihan heavy-sound, kasar dan sesekali menawarkan notasi-notasi ganjil yang rumit.

Catatan lainnya adalah “Dead Mind Dead Soul” merupakan lagu pertama yang di garap oleh Bohemians pasca mereka memutuskan hiatus beberapa waktu lalu, dan boleh di bilang lagu ini adalah salah satu pemicu Bohemians kembali berkarya.

Proses rekaman “Dead Mind Dead Soul” dikerjakan di Escape Studios (Bandung) pada akhir 2018. Untuk mixing diserahkan kepada Fabby Lazuardi, sementara mastering-nya dilakukan oleh Avedis Mutter yang merupakan anak dari mantan drummer PAS Band, Richard Mutter di Rebuilt 40124 Studio, Bandung.

Sementara terkait video lirik, Bohemians melibatkan rumah produksi Duafragma; Di bawah tangan director Rizki Sandi Negara dan Nurshandi Satia Ginanjar. Dalam proses penggarapannya, Bohemians juga mengajak pelukis muda bernama Luthfil Hadi untuk menuangkan ide dan gagasannya tentang isi dari lagu dimaksud melalui elaborasi teks berjalan dan gambar. Luthfil Hadi juga ditunjuk untuk menerjemahkan musik mereka ke dalam medium seni lukis untuk sampul single. Ia menggambarkan ragam bentuk dan corak yang indah dan magis, hasil tafsirnya terhadap musik yang ia dengar dan tangkap dari lagu “Dead Mind Dead Soul”.

Show More

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: