Nulis Musik

Rolling Stone Indonesia, “The End Of Era”

Uphoria pergantian tahun  2017 ke tahun 2018 terdengar sangat semarak diberbagai sudut-sudut tempat sampai menjelang pagi. Terbangun di pagi hari ditahun yang baru mencoba menikati alunan musik dari sebuah tape desk, sambil mencoba mencari berita sisa-sisa kemeriahan malam tahun baru tadi. Sedikit dibuat terhenyak dengan satu tajuk berita, dengan “judul Majalah Rolling Stone Indonesia Berhenti Terbit per 1 Januari 2018”. Nama besar Rolling Stone telah 12 tahun berada di Indonesia, telah menjadi nama media jurnalistik music yang memiliki reputasi yang tidak bisa dilewatkan untuk mendapatkan segala informasi mengenai perkembangan musik, dan segala hal tentang musik di dalamnya. Bagi para musisi, Rolling Stone Indonesia bisa saja merupakan sebuah pencapaian publikasi dan mengangkat popularitas.

 

Rolling Stone pertama kali terbit di Indonesia pada 2005, PT A&E Media sebagai pemegang lisensi. Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang menghadirkan Rolling Stone. Selain di Indonesia, Rolling Stone di Asia hanya terbit di Jepang (2007), India (2008), dan Cina (2006) Setelah 12 tahun berperan sebagai media jurnalistik musik yang banyak sekali membantu dan memberitakan perkembangan music di Indonesia. 1 Januari 2018 menjadi tanggal yang dikenang, bahwa nama besar Rolling Stone Indonesia telah banyak berjasa dan berkontribusi.

 

Sebagai seseorang yang baru akan bercita-cita menjadi seorang jurnalis music, rasa yang sangat disayangkan mengganjal di hati, setelah berakhirnya era media Rolling Stone Indonesia. Seperti penulis kutip dari pernyataan Soleh Solihun bahwa Majalah musik di Indonesia tidak pernah bernasib baik. Umurnya tidak pernah bertahan lama. Kalau dibandingkan di luar negeri. Semoga akan ada media yang hadir dan konsisten melanjutkan jalan dan perjalanan Rolling Stone Indonesia kedepannya. Penghargaan dan Terimakasih sebesar besarnya patut disematkan untuk Rolling Stone Indonesia, Terima Kasih Rolling Stone Indonesia.

Show More

Insan Kamil

Music Photographer est 2016 - life in passion.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: