Rock Updates

Januari dan Selingkar Rilisan Musik

Bulan Januari telah lewat tiga hari. Awal tahun 2020 ini sering diasumsikan sebagai penantian yang lama untuk berpindah bulan. Banyak peristiwa terjadi tiap harinya, sehingga kita merasa sangat sibuk mengurusi apa yang terjadi, alih-alih kita menikmatinya.

Jadi sebenarnya apa yang bisa kita nikmati? Kami rasa masih bisa menikmati musik adalah sebuah cara lain menikmati hari-hari di bulan Januari.

Bicara mengenai musik di Januari ini, ada sedikit hal yang kami perbuat, alih-allih mengurusi hal yang membuat tidak produktif. Kami melakukan sebuah pencatatan dan pendokumentasian rilisan atau produk musik dari band dan musisi Indonesia. Setidaknya niat ini datang di tenggat waktu saat menyusun daftar rilisan 2019. Dari hal tersebut kami berpikir, setidaknya nanti kami punya parameter baru untuk menyusun daftar rilis diakhir tahun, dengan tidak melulu mengukur perihal musikalitas atau pun subyektifitas penyusunnya saja.

Dengan metode sederhana dan manual kami (tim redaksi) berusaha menyusuri media sosial dan beberapa layanan music streaming untuk menemukan rilisan-rilisan terbaru yang bisa kami catat. Selain itu setiap rilis pers terkait rilisan musik yang masuk ke surel Rock Stage Journal menjadi bahan informasi kami untuk melakukan pencatatan. Kami melakukan pencarian secara berkala dan bergantian sesuai radar, selera, dan relasi informasi yang kami miliki.

Bicara data, apa yang sudah tercatat selama Januari ini? Kami coba sajikan dalam rangkaian infografis yang kami buat secara sederhana. Kami sendiri cukup bahagia dengan hasilnya. Awal tahun ini bisa jadi awal yang cukup produktif bagi industri musik lokal. Setidaknya, hingga data terakhir yang kami catat per 31 Januari 2020 kemarin, total ada 87 rilisan yang telah publish dengan berbagai format dan kanal distribusi baik digital maupun fisik.

Nampaknya, transisi pola konsumsi musik melalui platform digital masih menjadi acuan bagi banyak musisi dan label rekaman dalam memasarkan karyanya. Melepas single satu per satu melalui kanal digital masih menjadi pilihan utama. Dari total 87 rilisan di bulan Januari ini porsi terbesarnya adalah rilisan berupa single yang mencapai 66 rilisan (75,9%), disusul dengan rilisan mini album yang berjumlah 12 rilisan (13,9%), dan terakhir ada 9 rilisan (10,3%) album penuh.

Bicara format, tentu rilis karya melalui kanal digital masih yang terbesar porsinya. Dari total 87 yang tercatat, komposisinya terdiri dari 77 rilisan melalui berbagai layanan streaming, 3 buah rilisan dengan format vinyl, 3 rilisan CD, dan 3 rilisan dalam bentuk kaset. Jumlah tersebut sangat mungkin berubah dan bertambah, mengingat tahun ini baru saja masuk di bulan kedua. Menariknya, tanggal-tanggal sibuk rilis bulan Januari kemarin berada di pertengahan bulan (17-24 Januari) dan kembali terjadi peningkatan menjelang penghujung bulan. Album penuh kolaborasi Stars And Rabbit dan Bottlesmoker “Piece That Fit” tercatat sebagai pembuka rilisan awal tahun ini, bersama EP ‘Senyawa: Rehearsal’ yang dirilis melalui Orangecliff.

Secara sederhana, kami awali perjalanan pencatatan ini sebagai bentuk partisipasi kecil kami merayakan ekosistem musik Indonesia yang kian menggeliat. Kami sadar sumber informasi kami bisa saja terbatas atau radar pencarian kami kurang luas, sehingga bisa ada rilisan yang kami luput tidak tercatat, maka dari itu kami juga membuka lebar pintu informasi terkait rilisan ini dari kawan-kawan semua yang ingin berkontribusi. Terakhir, yang terpenting dari proses yang kami jalani ini; adalah kami mencoba bersenang-senang dengan data dan musik yang kami suka. Tak sabar rasanya menunggu daftar penuh ini di akhir tahun.

Penulis : Insan Kamil

Editor : Irfan Nasution

Tags
Show More

Related Articles

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
%d bloggers like this: